SITUS PERUSAHAAN KARIR KONTAK HUBUNGAN INVESTOR CSR
  BERANDA      |      HUBUNGI KAMI      |      F.A.Q.
MENU trigram
SITUS PERUSAHAAN KARIR KONTAK HUBUNGAN INVESTOR CSR
Your Position   Home   >   CSR BRISyariah   >   Tentang CSR

CSR BRISyariah  

- Tentang CSR

- Agenda CSR

- Kegiatan CSR

- Program BRIS Berfaedah

- Gallery

logo
Tentang CSR
 

Dasar Hukum

Surat Edaran Direksi PT BRISyariah NO.SE.B.001-PDR/03-2016 tanggal 31 Maret 2016 tentang Ketentuan Penggunaan Dana Kebajikan Sebagai Bentuk Pelaksanaan Corporate Social Responsibility PT BRISyariah

Penjelasan Program CSR BRIsyariah

Program CSR bagi BRIsyariah merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) . Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Pada dasarnya CSR BRIsayariah merupakan bentuk kontribusiperusahaan untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat di sekitarnya, baik secara sosial, ekonomi dan lingkungan masyarakat.

CSR di BRIsyariah bertujuan untuk:
Pertama, Meningkatkan Citra Perusahaan Dengan melakukan kegiatan CSR, BRIsyariah ingin agar masyarakat dapat lebih mengenal BRIsyariah sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.

Kedua, Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan Dalam melaksanakan kegiatan CSR, BRIsyariah tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus bekerjasama dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, LSM atau universitas lokal. Dengan kerjasama inhi maka BRIsyariah dapat membangun relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.

Ketiga, Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya Jika CSR dilakukan sendiri oleh BRIsyariah, maka BRIsyariah mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.

Logo CSR BRIsyariah

Agar CSR BRIsyariah berbeda dengan CSR perusahaan lainnya, pada bulan Oktiober 2016 BRIsyariah telah meluncurkan ikon CSR terbaru dalam bentuk logo CSR BRIsyariah.
bris-berfaedah
Logo CSR BRIsyariah tersebut bermakna bahwa BRIsyariah senantiasa membantu dan mengayomi masyarakat, lingkungan dan sosial yang ada di sekitar unit kerja BRIsyariah. BRISyariah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup lingkunghan dan masyarakat yang ada di sekitar BRIsyariah. Penggunaan nama BRIS Berfaedah sejalan dengan produk produk BRIsyariah yang menggunakan kata Faedah sehingga diharapkan makin memperkuat brand Faedah sebagai brand BRIsyariah.

Dalam menjalankan program CSR, sumber dana CSR BRIsyariah berasal dari:
  1. Dana Kebajikan/Qardul Hasan sebesar Rp. 950.584.019,- dan direalisasikan sebesar Rp. 783.416.003,-
  2. Zakat Perusahaan sebesar Rp. 3.065.932.419,- dan direalisasikan sebesar Rp. Dalam penyalurannya bekerjasama dengan YBM BRI sebesar Rp. 583.672.500,- dan Baznas sebesar Rp. 452.850.000,-
Sepanjang tahun 2016 BRIsyariah telah menyalurkan CSR sebesar Rp.1.819.928.503,- dengan rincian penyaluran prosentase penyaluran untuk
Faedah Pendidikan Rp. 611.495.977,- atau 33,60 %
Faedah Kesehatan Rp. 413.123.770,- atau 22,70%
Faedah Sosial Rp. 387.644.771,- atau 21,30%
Faedah Peribadahan Rp. 394.924.485,- atau 21,70%
Faedah Lingkungan Hidup Rp. 12.739.499,- atau 0,70%

Faedah Pendidikan

Adalah program CSR BRIS yang ditujukan untuk membantu bidang pendidikan di Indonesia. Untuk Faedah Pendidikan, BRIsyariah antara lain telah membantu untuk memberikan donasi kepada Pondok Pesantren Manba’ul Bayan Lombok Tengah, SLB Autis Alamanda Yayasan Melati Putih di Laweyan Surakarta , Yayasan Indonesia Mengajar, melakukan Program BRIs Mengajar yang diadakan di Bengkulu,Pontianak, Balipapan, Samarinda, Kendari, memberikan beasiswa pendidikan kepada Siswa SD, siswa SMP, siswa SMU dan mahasiswa perguruan tinggi antara lain juga beasiswa diberikan kepada siswa SD dan SMP di desa Conto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri dimana BRIsyariah melaksanakan Program Cinta Bumi yaitu penanaman pohon di desa tersebut.

Faedah Kesehatan

Adalah program CSR BRIS yang ditujukan untuk membantu bidang kesehatan di Indonesia. Untuk Faedah Kesehatan, sepanjang tahun 2016 BRIsyariah antara lain telah melakukan Bakti Sosial Pengobatan gratis di Kawasan Kumuh Rawabadak Jakarta Utara,khitanan massal dan pengobatan gratis di Masjid Agung Banda Aceh, di Masjid Nurul Islam Palangkaraya dan di Masjid Ageng Surakarta, Donor Darah bagi karyawan dan karyawati BRIsyariah setiap 3 bulan sekali, dan membantu biaya pengobatan karyawan dan karyawati dari golongan dasar.

Faedah Sosial

Adalah program CSR BRIS yang ditujukan untuk memberikan bantuan sosial berupa santunan kepada kelompok masyarakat atau lembaga di Indonesia. Untuk Faedah Sosial, sepanjang tahun 2016 BRIsyariah antara lain telah memberikan bantuan santunan dhuafa di Garut, santunan anak yatim/piatu yang dikoordinir oleh Kantor Cabang BRIsyariah di Depok, Kediri dan BSD Tangerang. Selain itu dalam rangka ramadhan, BRIsyariah memberikan hidangan berbuka puasa atau tajil di masjid Istiqlal Jakarta, masjid Al Falah Benhil Jakarta, bantuan santunan korban banjir, bantuan sembako dan survival kits untuk korban banjir di Aceh, Garut dan Bima. Selain itu dalam rangka sinergi CSR dengan perusahaan induk BRI, BRIsyariah mengikutsertakan 100 orang nasabah BRIsyariah dalam program mudik Ngebuzz Bareng BRI.

Faedah Peribadahan

Adalah program CSR BRIS yang ditujukan untuk memberikan bantuan untuk pembangunan atau renovasi rumah ibadah/masjid. Untuk Faedah Peribadahan, sepanjang tahun 2016 BRIsyariah telah membantu pembangunan masjid perumahan dosen dan karyawan Universitas Islam Bandung, bantuan dana infak untuk Masjid Ageng Surakarta, program bersih bersih masjid di 52 masjid di seluruh Indonesia, memberikan donasi untuk marbot di sejumlah masjid/mushola di Indonesia

Faedah Lingkungan Hidup

Adalah program CSR BRIS yang ditujukan untuk membantu perbaikan lingkungan hidup di Indonesia.Untuk Faedah Lingkungan Hidup, sepanjang tahun 2016 BRIsyariah telah melaksanakan program Cinta Bumi Bersama BRIsyariah dengan menanam 1.500 bibit pohon di desa Conto Kecamatan Bulukerto Kabupaten Wonogiri. Kegiatan penghijauan tersebut ditandai dengan penanaman bersama yang dilakukan oleh Direktur BRISyariah, Wakil Bupati Wonogiri, Camat Bulukerto, Kepala Desa Conto dan Sesepuh sekaligus pelopor dan penerima Kalpataru Mbah Sadiman. Untuk Program Cinta Bumi Bersama BRIsyariah ini juga bekerjasama dengan Yayasan Garda Hijau Bumi yang melanjutkan perjuangan Mbah Sadiman dalam melakukan penanaman dan pemeliharan pohon yang didonasikan oleh BRIsyariah. Adapun donasi tanaman dari BRIsyariah meliputi 300 bibit Beringin, 300 bibit sengon laut, 300 bibit jeruk, 300 bibit jambu dan 300 bibit durian sehingga total 1500 bibit.
Menindaklanjuti putusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan BRISyariah tahun buku 2015 yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2016 yang tertuang dalam Berita Acara RUPS Tahunan Akta No.12 tanggal 11 Maret 2016 Notaris Fathiah Helmi, SH, yaitu menyetujui pembayaran zakat perseroan sebesar 2,5% dari Laba Bersih Tahun Buku 2015 atau sebesar Rp.3.065.932.419,-
 
Temukan Kami :
© Hak Cipta 2017, PT. Bank BRISyariah.
© Hak Cipta 2017, PT. Bank BRISyariah.
BRISyariah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.